Resmi, Android O Diberi Nama Oreo

Setelah berbagai prediksi dan tebak-menebak dikalangan pengamat tekno dan para pengguna setia Android, akhirnya Google merilis secara resmi nama untuk Android O – sistem operasi mobile terbaru mereka – adalah Oreo.

Nama Oreo sebenarnya tidak terlalu mengejutkan karena memang menjadi sebuah kebiasaan Google untuk memberi nama sistem operasi Android mereka dengan nama kudapan pencuci mulut.

Nama Oreo sudah sejak jauh-jauh hari santer disebut memiliki kans terbesar untuk menjadi nama Android terbaru, walaupun sempat beredar berbagai desas-desus bahwa Google bakal berubah dari kebiasaan memakai nama  kudapan pencuci mulut. Yang paling ramai diperbincangkan adalah ‘Octopus’ yang bakal sebagai nama dari Android O.

Tidak meleset dari prediksi, Oreo diumumkan oleh Google tidak lama setelah gerhana matahari total berlangsung, 21 Agustus waktu setempat.

Google akhirnya mengungkapkan apa yang “O” di Android O singkatan, dan itulah yang kita semua prediksi: “O” adalah untuk … Oreo. Google Pixel, Nexus 5X, dan Nexus 6P akan menjadi perangkat-perangkat awal  yang akan menikmati kecanggihan Android Oreo. Menyusul kemudian Pixel C dan Nexus Player.

BACA JUGA :  Apple Bikin Akun Instagram Hanya Untuk Pamer Hasil Jepretan Iphone

Ini adalah kali kedua  dalam sejarah Google bermitra dengan sebuah perusahaan makanan ringan yang populer untuk  menamai sistem operasi Android berikut juga dalam hal pemasarannya. Sebelum bermitra dengan Nabisco – produsen biskuit Oreo – terlebih dahulu Google bermitra dengan  Nestlé untuk versi Android 4.4 yang diberi nama  Kit Kat.

Untuk kemitraannya dengan Nestlé, Google sama sekali tidak membayar sepeser pun sebagai royalti penggunaan nama Kitkat. Kemitraan tersebut cenderung untuk melakukan sesuatu yang terdengar “menyenangkan dan tak terduga”,  seperti yang diungkapkan oleh John Lagerling, direktur kemitraan global Android.

Selain faktor “menyenangkan dan tak terduga” kemitraan dengan Nestlé juga didasarkan kesepakatan saling menguntungkan bagi kedua-belah pihak, Google dapat menggunakan nama kudapan yang sangat populer sebagai nama julukan Android sedangkan  Nestlé mendapat promosi gratis. Untuk penggunaan nama Oreo, tidak diketahui secara pasti apakah Google melakukan hal sama dengan saat bersama Nestlé.

Walaupun  namanya telah resmi  dirilis selesai, namun Oreo versi publik baru kan dirilis. Lalu kapan rilisnya?  Kabarnya versi publik akan dirilis pada perhelatan Google I/O. Saat ini yang beredar baru versi yang ditujukan untuk para pengembang aplikasi.

BACA JUGA :  Oreo resmi Jadi Nama Android 8.0, Berikut 8 Fitur Unggulannya

Android Oreo akan hadir dengan membawa sejumlah perbaikan, termasuk pemberitahuan (notifikasi) yang lebih rapi, masa pakai baterai lebih panjang yang secara otomatis membatasi aktivitas aplikasi dilatar belakang, lebih dari 60 emoji baru, dan banyak lagi. (omekide/ED)