Menurut Ahli Ini 4 Cara Mengetahui Seseorang Tidak Dapat Dipercaya

crop woman tapping shoulder of frustrated female friend
Photo by Liza Summer

Kepercayaan adalah bagian besar dari fondasi psikologis umat manusia. Kepercayaan memainkan peran penting dalam persahabatan, hubungan percintaan, dinamika keluarga, dan di tempat kerja. Jadi, mengetahui siapa yang dapat anda percayai, dan kapan anda dapat memercayai mereka akan selalu menjadi hal yang penting.

Namun fakta yang disayangkan adalah, tidak semua orang dapat dipercaya, dan beberapa orang telah bekerja keras untuk menemukan isyarat non-verbal yang dapat Anda gunakan untuk menilai apakah akan memercayai seseorang atau sebaliknya.

Keempat isyarat perilaku ini adalah sesuatu yang mungkin sudah sering anda lihat atau bahkan sering juga anda lakukan.

Berikut empat isyarat non-verbal yang dapat anda gunakan untuk menilai apakah mempercayai seseorang atau tidak, adalah menyentuh wajah, menggerakkan tangan, menyilangkan tangan, dan mencondongkan tubuh.

Namun, seperti yang saya sebutkan di atas, untuk menilai kepercayaan seseorang, anda membutuhkan keempatnya, atau kombinasi dari keempatnya.

BACA JUGA :  Giyanti Coffee Roastery Tempat Ngopi Nan Unik di Bilangan Menteng, Jakarta Pusat

Hanya melihat seseorang menyilangkan tangan bukanlah isyarat non-verbal bahwa mereka tidak dapat dipercaya, sama seperti seseorang yang bersandar ketika Anda berbicara dengan mereka belum tentu mereka mencoba menarik diri. Mereka bisa bersandar ke belakang untuk meregangkan punggung, dan mereka bisa menyilangkan tangan agar lebih nyaman.

woman in white long sleeve shirt and gray pants sitting on brown wooden chair
Photo by cottonbro studio

Namun, menurut Ilmuwan Perilaku di Apex Scoring Solutions, Inc.com, isyarat nonverbal ini dapat membantu Anda menentukan apakah akan memercayai seseorang atau tidak, terutama jika mereka melakukannya pada saat yang sama, dan mereka melakukannya sangat sering.

Tentu saja, isyarat nonverbal untuk menentukan kepercayaan ini tidak mempertimbangkan isyarat lain yang juga patut anda waspadai – seperti gagap (yang bisa menjadi tanda bahwa seseorang mencoba untuk berbohong atau hanyalah tanda dari kegugupan). (MKA)