8 Fitur Andalan iOS 11 Yang Bisa Bikin iPhone dan iPad Kamu Makin Oke

Sistem operasi mobile terbaru besutan Apple, iOS 11 secara resmi sudah bisa diunduh sejak 5 hari yang lalu. Sistem operasi iOS 11 diklaim membawa sejumlah fitur baru yang diyakini dapat membuat perangkat iPhone dan iPad makin digdaya.

Lalu fitur apa saja yang baru dan menjadi andalan iOS 11 guna menghadapi persaingan dengan ‘musuh’ bebuyutannya – Android – yang belum lama ini juga merilis sistem operasi terbarunya.

Oiya, sebelum kami menjabarkan beberapa fitur unggulan iOS 11 perlu kami informasikan bahwa tidak semua perangkat iPhone dan iPad dapat menjalankan iOS 11. Bagi pemilik iPhone seri 5, 5C, iPad 4 atau yang lebih lawas terpaksa harus gigit jari karena tidak dapat memperbarui sistem operasi perangkat meraka dengan iOS 11.

Baiklah sekarang mari kita bahas beberapa fitur terbaru yang menjadi andalan iOS 11. Menurut kami ada 8 (delapan) fitur baru dari iOS 11 yang bisa dikedepankan. Berikut 8 fitur tersebut :

1. Control Center yang bisa dikustomisasi

Di iOS 11, Control center tidak lagi kaku seperti iOS versi sebelum-sebelumnya. Control Center di iOS 11 mendukung mode kustomisasi untuk menambah atau mengurangi fitur yang tidak kamu perlukan. Tapi sayangnya – perlu menjadi catatan penting – kustomisasi tidaklah dapat dilakukan pada semua tombol yang ada di control center. Semua tombol bawaan seperti bagian koneksi,pengaturan kecerahan layar dan suara serta beberapa tombol lainnya tidak dapat kamu matikan atau sembunyikan dari akses ini.

BACA JUGA :  300 Aplikasi Dihapus dari Play Store Karena Diam-diam Melakukan Serangan DDoS
Control-Center-ios-11
iOS 11 Control center

2. Emoji Baru

Emoji seolah-olah telah menjadi fitur wajib bagi sistem operasi mobile saat ini, setiap rilis terbaru hampir dipastikan dengan membawa sejumlah emoji baru. Demikian pula  iOS 11 yang juga membawa beberapa emoji baru mulai dari ibu menyusui, zombie, hingga T-rex.

ios 11 new emoji

3. Aplikasi Files

Selama ini Apple selalu bersikeras bahwa  pengguna tidak perlu mengakses file system dari iOS. Tidak ada gunanya, menurut mereka. Tapi pada iOS 11, Apple ‘melanggar’ ‘larangan’ yang telah bertahun-tahun mereka pertahankan dengan menambahkan sebuah aplikasi bawaan yang diberi nama “Files” yang dapat digunakan untuk mengakses sislem file di iOS 11.

files app

 

4. Siri Translations

Di iOS 11, Siri mendapatkan beberapa fitur baru, salah satunya  kemampuan untuk menerjemahkan ungkapan ke dalam beberapa bahasa, seperti bahasa China, Prancis, Jerman, Italia atau Spanyol. Contoh, katakan “How are you?” kemudian tambahkan  frasa yang menunjukan dalam bahasa apa akan diterjemahkan, misal  “in Spanish” atau pilihan bahasa Anda dan Siri akan menjawab, selama Anda memiliki koneksi internet.

Siri translation

5. Type to Siri.

Sekarang Siri tidak hanya merespon perintah suara, namun juga perintah melalui ketikan. Cukup dengan mengaktifkan fitur “Type to Siri” yang ada dalam menu pengaturan aksesibilitas. Jadi kalau kamu sedang malas berbicara dengan Siri tapi tetap ingin berinteraksi denganya, cukup manfaatkan fitur ini.

6. Adblocking

Keasyikan berselancar di dunia maya kadang terganggu dengan iklan-iklan yang muncul dengan seenaknya. Di iOS 11, Safari akan memiliki sebuah fitur yang secara default akan menghalangi tampilnya iklan-iklan yang dapat mengganggu aktivitas pengguna. Ini merupakan wujud kepedulian Apple atas privasi penggunanya.

BACA JUGA :  Sebelum Apple Merilis Homepod, Ketahui Dulu Apa itu Smart Speaker

7. iPad Dock

Ada beberapa perubahan khusus iPad dalam iOS 11, termasuk sistem multi-tasking baru. Perubahan yang paling jelas adalah dock baru yang mirip dengan dock milik Mac OS yang pernah hadir dan dapat ditampilakan dengan cara menggeser (swipe) layar dari bawah keatas.

8. Swipe down on keyboard

Satu lagi perubahan spesifik yang dibawa iOS 11 untuk iPad adalah kemampuan untuk menggeser (swipe) kibor virtual untuk beralih ke karakter alternatif seperti yang ditunjukan oleh gambar di bawah ini :

swipe down on keyboard