Bawa 5 Benda ini Supaya Liburan Kamu Jadi Lebih Hemat

holiday

Bekerja di kantor dari Senin hingga Jumat, pukul 8 pagi hingga 5 sore – itu pun kalau tidak ada perkerjaan tambahan a.k.a lembur – pastilah bikin penat. Guna melepas kepenatan akan rutinitas sehari-hari, sudah barang tentu sesekali kita butuh liburan. Ya, liburan. Siapa sih yang tidak suka berlibur?

Berlibur bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti menjelajahi kota tempat kita tinggal sembari menikmati jajanan lokal, liburan ke luar kota, atau bahkan mengunjungi tempat-tempat indah di belahan dunia lain yang sebelumnya cuma bisa kita saksikan di majalah atau televisi.

Liburan yang dilakukan selama beberapa hari dan destinasinya cukup jauh semisal ke luar kota atau ke luar negeri tentu membutuhkan  dana yang tidak sedikit – Ini nih yang bikin puyeng.  Tapi jangan kuatir, hal itu bisa diatasi. Berikut trik agar liburan menjadi lebih hemat, yaitu dengan membawa lima benda berikut :

1.  Botol minum

Membawa botol minum rasanya memang sepele, saking sepelenya kita sering berpikir buat apa dibawa toh bisa dibeli dengan mudah, selain itu bakal menuh-menuhin koper kita. Eiits, stop mikir gitu lagi. Botol minum ini penting dibawa jika kita liburan ke luar negeri seperti Jepang, Korea, atau negara-negara di Eropa. Soalnya, di negara-negara tersebut kita bisa memperoleh air putih dari keran-keran yang berlokasi di tempat umum. Membeli air mineral di negara-negara tersebut akan menguras tabungan, sekitar Rp10.000 per botol.  Mahal bukan…

(credit: pixabay)
2. Universal adaptor

Jangan sampai komunikasi dengan keluarga dan orang yang kita sayangi terputus karena kita tidak bisa isi ulang baterai ponsel karena tidak membawa adaptor. Dari Indonesia, bawalah universal adaptor agar tidak perlu membelinya di negara tujuan. Harganya tidak murah, lho! Jadi dari jauh-jauh hari cobalah riset adaptor apa yang digunakan di negara tempat berlibur.

BACA JUGA :  7 Jenis Noda Bandel Yang Sering Kita Temui Serta Cara Mengatasinya

3. USB OTG

Abadikan momen-momen perjalanan kita selama berlibur dengan kamera saku atau kamera ponsel. Untuk menghindari hal-hal tak diinginkan, misalnya dicopet (jangan sampai, sih!), simpanlah foto kita per harinya di USB. Belum tentu, kan, kita bisa mengulang momen liburan ini kembali. Kalau pun pergi lagi, butuh waktu lagi untuk mengumpulkan uang. Dengan adanya USB OTG, kita bisa langsung copy foto-foto di ponsel tanpa perlu transfer dulu ke laptop!

4. Sabun cuci

Serius nih bawa sabun cuci? Ngga salah? Ooh tentu tidak, ini penting jika kita liburan dalam waktu lama tapi tidak mau membawa banyak pakaian. Tentunya, nih, kita harus cuci baju sendiri jika menghindari biaya jasa cuci pakaian (laundry) yang cukup mahal. Bawalah sabun cuci cair sachet untuk mencuci, terutama pakaian dalam. Biasanya pada malu kan kalau mencucikan pakaian dalam ke laundry 🙂 .

BACA JUGA :  Dapatkan Kulit Wajah Mulus dan Bersinar Ala Artis Korea Dengan 10 Masker Alami ini

5. Gembok koper

Saat traveling kita wajib mengunci koper kita. Yang nggak kalah pentingnya, bawalah gembok tambahan seandainya ada sesuatu yang terjadi dengan gembok koper kita, atau jika ternyata kita membeli koper tambahan karena kebanyakan belanja oleh-oleh. Dengan begitu, kita tidak perlu beli gembok baru yang cukup menguras uang.