8 Inovasi Ini Membuktikan Kalau Kita Hidup di Masa Depan

vive-vr-google

Teknologi terus berkembang dan berinovasi tiada henti. Teknologi berinovasi guna mempermudah hidup umat manusia, saat ini banyak yang hal yang dulunya kita pikir adalah sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin saat ini dan menjadi ‘new normal‘ dalam kehidupan kita sehari-hari.

Dulu mungkin banyak dari kita yang tidak pernah berpikir bahwa kelak kita dapat bercakap-cakap dengan saling bertatapan langsung seseorang walaupun dipisahkan oleh jarak ribuan kilometer. Tidak pernah pula terbersit bahwa kelak kita dapat melakukan pembayaran tanpa menggunakan uang tunai atau kartu plastik – debit maupun credit.

Berikut ini kami merangkum 10 inovasi teknologi yang paling menarik dan dapat merubah gaya hidup kita.

1. Mendeteksi kebugaran fisik dengan jam tangan

Jam tangan pintar (smartwatch) telah menjadi bagian generasi milenial. Smartwatch adalah sebuah wujud ‘perkawinan’ antara teknologi dan fashion. Kita dapat memanfaatkan fitur-fitur canggihnya sekaligus terlihat trendy. Smartwatch ini dapat terhubung ke ponsel pengguna dan menampilkan notifikasi seluler, menampilkan pesan, notifikasi akun sosial hingga pengingat kalender. Jam tangan ini bahkan memungkinkan pemiliknya untu melakukan panggilan telepon dan membalas pesan hanya dengan menggunakan perintah suara.

Siapa yang bakal menyangka bila kelak arloji bisa membantu kita agar tetap fit dengan melacak detak jantung dan jumlah langkah Anda, waktu yang anda habiskan untuk berdiri dan aktivitas sehari-hari, dan mengingatkan Anda untuk untuk tetap aktif. Saat melakukan olah raga lari, arloji canggih ini juga bisa menunjukkan jarak yang telah kita tempuh juga jumlah kalori yang telah berhasil kita bakar.

heart rate
(Credits: pixabay)
2. Melakukan pembayaran tanpa uang tunai maupun kartu

Mobile wallet kian menjadi tren. Dengan mobile wallet kita tidak perlu lalu harus membawa uang tunai atau kartu keredit/debit bila hendak berbelanja, kita hanya perlu melakukan pengisian saldo yang mana saldo ini yang akan dipotong saat kita melakukan pembayaran. Mobile wallet dapat digunakan untuk membayar belanjaan di supermarket, membayar ongkos taksi, berbelanja online hingga membeli rumah sekalipun.

BACA JUGA :  Giyanti Coffee Roastery Tempat Ngopi Nan Unik di Bilangan Menteng, Jakarta Pusat
mobile wallet
(Credits: mashable)
3. Mengalami sesuatu tanpa harus benar-benar berada di sana

Perangkat virtual reality (VR) telah mengalami perkembangan cukup pesat, ia bukan lagi hanya sebuah kacamata dengan tampilan norak sebagaimana pertama kali diluncurkan – hanya ditujukan sebagai perangkat bermain game. Sekarang perangkat VR bisa digunakan untuk menghadirkan sebuah pengalaman virtual dan terasa begitu nyata bagi penggunanya.

Dulu anda pasti tidak pernah berpikir dapat menjelajahi gurun pasir di planet Mars, padahal kenyataannya disaat yang bersamaan anda sedang berada dapur rumah anda sambil mengenakan seperangkat kacamata VR.

4. Mengirimkan pesan foto yang secara otomatis dapat terhapus dengan sendirinya

Snapchat salah satu jaringan sosial media yang cukup populer dikalangan generasi milenial memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan foto yang secara otomatis dapat menghapus dirinya sendiri sesaat setelah dilihat oleh penerima pesan. Dulu pasti kita berpikir itu adalah hal konyol yang tidak mungkin terjadi.

5. Mengunduh video dengan kecepatan kilat

Selama bertahun-tahun, kecepatan download semakin cepat dan lebih cepaaat. Ini dimungkin oleh adanya teknologi 4G. Konektifitas 4G tidak hanya meningkatkan kecepatan upload dan download, kita juga tidak perlu lagi merasa kesal oleh buffering yang memakan waktu cukup lama saat menonton video dengan kualitas HD. Kita juga dapat men-download film kesukaan hanya dalam hitungan menit saja.

6. Membuat film sendiri dengan menggunakan ponsel

Dulu saat ingin membuat sebuah film (bahkan sebuah video sederhana sekalipun) yang terbayang dalam benak kita adalah perlengkapan produksi dengan harga tidak murah. Mulai dari kamera video hingga perlenkapan editing. Sekarang cukup dengan ponsel pintar yang kita miliki kita telah dapat merekam adegan dengan resolusi tinggi.

Pun untuk proses editing video, saat ini bertebaran aplikasi editing yang dapat diunduh secara gratis di ponsel pintar. Untuk menayangkannya pun kita perlu repot mengirimkannya ke sebuah stasiun televisi, saat ini kita pun bisa memiliki saluran penyiaran sendiri melalui media sosial seperti Youtube.

BACA JUGA :  Cara Pandang Seorang Narsistik Terhadap Diri dan Orang-orang Disekitarnya
vlogging
(Credits: pixabay)
7. Ngobrol dengan komputer secara lisan maupun tulisan

Bot adalah sebuah  perangkat lunak kecerdasan buatan sederhana yang bisa berkomunikasi dengan kita, entah itu sekedar menjawab pertanyaan yang kita ajukan atau menjadi teman ngobrol yang seolah-olah hidup dan nyata.

Bot dimaksudkan untuk membuat hidup orang lebih mudah. Sebagian besar dari kita pasti pernah menggunakan Apple Siri, Microsoft Cortana, OK Google untuk mendapatkan informasi yang kita butuhkan seperti alamat seuah restoran kenamaan atau jadwal pemutaran film di bioskop.

8. Menonton video dari sudut yang diinginkan

Dengan teknologi foto dan video 360 kita dapat menyaksikan sebuah video atau panorama dari sudat yang kita tentukan sendiri. Untuk memanjakan penggunanya, Facebook pun telah memperkenalkan teknologi 360 foto dan video kedalam platformnya. Dengan itu diharapkan berbagi foto maupun video di Facebook akan semakin menyenangkan.