Metode Tethering Mana Yang Terbaik: WiFi, Bluetooth, atau Kabel USB?

tethering

Tethering memungkinkan kita untuk berbagi koneksi data dari ponsel pintar ke perangkat PC, laptop atau tablet. Untuk melakukan tethering ada tiga metode yang dapat kita gunakan, yaitu dengan menggunakan WiFi (hotspot pribadi), kabel USB dan bluetooth. Dari ketiga pilihan metode tersebut, mana yang memberikan koneksi tercepat? mana yang lebih stabil? serta mana yang lebih hemat konsumsi daya baterai ponsel?

Kabel USB

Metode tethering dengan menggunakan kabel USB bisa dikatakan metode yang paling handal diantara metode yang lain. Koneksi yang diperoleh dengan menggunakan kabel USB adalah koneksi yang tercepat dan stabil. Selain itu tethering dengan kabel USB tidak menguras baterai ponsel, justru sebaliknya ponsel akan terus melakukan pengisian daya melalui kabel USB yang terhubung dengannya.

Kelemahannya dari metode kabel USB adalah kita hanya bisa berbagi koneksi data dengan satu perangkat saja dan membutuhkan alat tambahan yaitu kabel USB . jadi jika menginginkan koneksi data dengan lebih dari satu perangkat, maka metode ini bukanlah solusinya.

WiFi

Tethering WiFi (hotspot pribadi) memungkinkan kita untuk berbagi koneksi data dengan lebih dari satu perangkat, bahkan bisa hingga 10 perangkat. Metode ini cukup mudah dilakukan cukup dengan mengghidupkan koneksi hotspot pribadi dari ponsel anda, maka perangkat lain dapat terkoneksi dengan internet melalui ponsel anda. Hampir semua perangkat yang memiliki fasilitas koneksi WiFi kompatibel dengan metode ini.

Untuk membatasi perangkat yang berhak terhubung dengan ponsel, kita dapat mengkonfigarasi sebuah kata sandi untuk koneksi tersebut. Tapi sayang metode ini tidak menyajikan kestabilan dan kecepatan koneksi yang cepat serta sangat cepat menguras baterai.

BACA JUGA :  Pengguna Android, Ini 7 Hal yang Perlu Kalian Ketahui
Bluetooth

Metode Tethering dengan bluetooth secara teknis juga sangat menguras baterai seperti halnya dengan metode WiFi, tapi bluetooth dapat melakukan pemutusan koneksi secara otomatis untuk menghemat konsumsi baterai. Kecepatan koneksi yang diperoleh dengan metode ini paling lambat dibanding dengan dua metode lainnya. Walaupun tidak membutuhkan kabel tambahan untuk menghubungkan ponsel dengan perangkat yang ingin dikoneksikan, tapi tethering dengan bluetooth hanya dapat dilakukan dengan satu perangkat saja.

Jika hanya ingin mengkoneksikan satu perangkat saja tapi lita lupa membawa kabel USB, maka metode ini adalah solusi terbaiknya.

Mana yang terbaik untuk tethering?

Dari paparan di atas setiap metode memiliki keunggulan dan kekurangan. Tapi juka boleh subyektif, metode kabel USB dan WiFi adalah dua yang terbaik diantara tiga pilihan.

BACA JUGA :  Apple Bikin Akun Instagram Hanya Untuk Pamer Hasil Jepretan Iphone

*Artikel ini pernah dimuat di situs heloo