Jalan-jalan ke Malang Raya, Berikut Tempat-tempat Istimewa Yang Wajib Kamu Kunjungi

Pantai Balekambang

Traveling sudah menjadi kebutuhan dari sebagian orang saat sekarang, karena traveling menjadi salah satu cara penghilang stress bagi mereka yang sedang merasa penat dan suntuk di tempat kerja. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh lembaga Framingham Heart Study di Amerika menunjukkan bahwa orang yang memililih berdiam diri di rumah selama bertahun-tahun lebih rentan terkena serangan jantung dibandingkan orang yang rutin berlibur atau traveling setiap tahun. Hal ini disebabkan oleh fungsi traveling yang mampu membantu untuk melepaskan tekanan dalam hidup.

Ada yang memilih traveling ke luar negeri, ada juga yang cukup di dalam negeri saja, karena di Indonesia, di negara kita tercinta ini, banyak sekali lokasi wisata yang indah, yang tidak kalah menarik dengan lokasi wisata di luar negeri. Lokasi wisata yang paling populer adalah Bali, Jogja, Lombok, Raja Ampat dan lain-lain. Selain tempat-tempat wisata yang disebut tadi, Malang dan sekitarnya sekarang menjadi lokasi favorit wisata juga. Ada sedikit tips, ketika ingin berkunjung ke malang, batu dan sekitarnya :

  1. Sediakan waktu yang cukup, jangan terlalu singkat, karena ada banyak tempat yang dapat diexplore.
  2. Terdapat pantai yang sangat indah di Malang, Pantai Tiga Warna namanya. Untuk berkunjung ke sana, kita tidak bisa langsung masuk seperti ke pantai biasa, tapi harus reservasi dulu dari jauh hari, karena untuk menjaga kelestarian pantai ini, pengunjung dibatasi hanya 100 orang per hari, dan pantai ini ada di bawah Dinas Kehutanan. Selain harus reservasi, untuk masuk ke sini pun harus menggunakan guide yang ada dengan biaya 75rb – 100 per guide per 10 kepala.
  3. Sebaiknya, bila ingin mengunjungi Jatim Park 1, Jatim Park 2 dan Museum Angkut, semua itu tidak bisa dilakukan dalam 1 hari saja, karena apabila dikunjungi disatu hari saja, akan terburu-buru sekali.
  4. Kosongkan perut dan lupakan timbangan, karena di Malang, Batu dan sekitarnya, banyak terdapat makanan enak sehingga cocok juga untuk wisata kuliner.

Berikut adalah beberapa lokasi wisata dan wisata kuliner yang dapat kita kunjungi di Malang, Batu dan sekitarnya :

1.Mesjid Tiban

Mesjid Tiban yang berlokasi di Jalan KH. Wahid Hasyim, Gang Anggur , Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Malang ini terkenal dengan keunikan arsitekturnya, tapi sayang sekali ketika penulis berkunjung ke sana, mesjid tersebut masih dalam tahap renovasi karena adanya penambahan ruangan. Mesjid ini dibangun pada tahun 1976 oleh KH. Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam.

Bangunan mesjid berornamen Timur Tengah dengan warna dominan biru dan putih ini berada di tengah-tengah pemukiman yang padat, dengan arsitektur di setiap ruangan tampak mewah dan berbeda-beda, walaupun kadang ada beberapa tempat yang dipasangi lampu warna-warni jadi agak terkesan terlalu ramai, tapi terlepas dari itu, mesjid ini sangat wow sekali. Mesjid ini terdiri dari 10 lantai yang hampir di setiap temboknya terdapat ukiran dan kaligrafi arab dan konon katanya, pembuatannya dibantu jin, dan soal yang satu ini, penulis have no comment.

Di dalam mesjidnya, tidak hanya tersedia tempat untuk beribadah tetapi di dalamnya terdapat shopping area, ada sedikit tempat bermain anak , dan ada ruangan-ruangan semacam ruangan di rumah yang ternyata adalah tempat para santri, karena sebagian dari bangunan mesjid ini adalah merupakan Pondok Pesantren Syalafiyah Bihaaru Bahri’ Asali Fadlaairil Rahmah.

2. Bakso Presiden

Bakso President ini didirikan sejak tahun 1977 oleh Abah Sugito tepat dibelakang Bioskop President Malang, dan walaupun gedung bioskop sudah beralih fungsi menjadi pusat perbelanjaan, bakso Abah Sugito tetap dikenal sebagai Bakso President.  Tempatnya biasa aja, terletak di samping rel kereta, jadi ada sensasi tersendiri ketika memakan bakso di sini, karena ketika kereta lewat meja akan ikut bergetar dan ada suara berisik kereta api.

Tapi walaupun tempatnya biasa saja, antriannya luar biasa panjangnya, tapi jangan khawatir, perputarannya cepat. Menu dan varian bakso yang ditawarkan lumayan beragam, mulai dari bakso urat, bakso udang, bakso goreng, bakso telur, siomay, sampai ke bakso bakar. Selain itu, terdapat juga beberapa pilihan pelengkap seperti jeroan, mie, lontong, dan lain lain. Menu favorit penulis adalah bakso goreng dan bakso bakar, karena rasanya enak sekali.

3. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang adalah sebuah pantai di pesisir selatan yang terletak di tepi Samudera Indonesia yang terletak di  Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Malang. Daya tarik Balekambang utamanya tentu panorama alam, gelombang ombak yang memanjang hampir dua kilometer, serta hamparan pasir nan luas dan panorama khas pantai yang berkarang.

Perjalanannya  dari kota Malang menuju Pantai Balekambang ini cukup jauh, memakan waktu sekitar 2-3 jam, pantainya mirip tanah lot di Bali, karena sama-sama memiliki Pura yang menjorok ke arah laut tapi dengan versi yang lebih sederhana. Untuk dapat menikmati suasana pantai Balekambang ini, wisatawan hanya dibebankan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000,- hingga Rp 15.000,- per orang tergantung pada hari libur atau hari besar.

3. Toko Oen

Toko Oen sebenarnya merupakan sebuah restoran yang menjadi salah satu ikon Kota Malang dan merupakan tempat yang wajib dikunjungi ketika jalan-jalan di Malang. Toko Oen yang terletak di Jl. Jenderal Basuki Rahmat No.5 ini berada di dekat Alun-Alun Kota Malang dan sudah ada sejak jaman Penjajahan Belanda, yaitu sejak tahun 1930.

Untuk pecinta segala sesuatu yang vintage, akan suka sekali dengan toko ini, karena kesan vintage sangat terasa pada desain arsitektur bangunannya yang khas Belanda, kursi-kursi rotan dengan meja bundar, serta pajangan foto hitam putih suasana Kota Malang di masa lampau.

Menu utama dari Toko Oen ini adalah es krim, yang memiliki banyak varian rasa, seperti Midwest Sunday, Calypso Fantasi , Tropicana Cream, Tutti Frutty dan lain-lain. Es krim di Toko Oen ini dibuat tanpa pengawet sehingga sehat untuk dikonsumsi.  Selain es krim, di sana juga terdapat menu lain yang bisa kita pesan, seperti sop buntut, salad, roti, steak, sandwich, sus, risoles, lemper, black forest cake, nasi goreng, bistik lidah dan lain-lain.

4. Depot Hoklay

Depot Hoklay ini sudah ada sejak tahun 1946, kesan tua bangunan ini terlihat dari jendela-jendelanya yang besar, tegel kuno dan furnitur yang dulu mungkin kita jumpai di rumah kakek nenek kita.  Menu andalan di sana yang terkenal adalah cwi mie, lumpia dan fosco. Fosco adalah sejenis minuman yang terbuat dari susu sapi murni dingin ditambah cokelat yang rasanya super enak dan segar sekali, dan hal yang membuat unique adalah karena wadahnya merupakan botol bekas coca cola.

5. Nasi Bhuk Shalawat

Nasi Bhuk Shalawat ini berlokasi di Jalan Kawi, Klojen Kota Malang. Tempatnya biasa saja dan awalnya agak sangsi melihat penampakan makanannya tapi setelah dicicipi, rasanya sempurna. Nasi bhuk adalah nasi ala Madura, yang terdiri dari nasi, kemudian ditambahkan sayur (boleh pilih, sayur nangka atau rebung), saya pake sate daging sebagai lauknya, rasanya super enak, manis dan empuk sekali (sebagai lauknya, ada tambahan lain pula seperti sate ayam, telur, ati+ampela, paru dll), kemudian ditambahkan kecambah, tempe, serundeng dan gorengan serundeng dan untuk yang suka pedas, bisa ditambahkan sambel.

6. Jatim Park 2

Di Jatim Park 2, ada beberapa tempat dapat kita kunjungi, yaitu Secret Zoo, Museum Satwa, Museum Tubuh (Museum Bagong) dan Eco Green Park. Koleksi binatang yang ada di secret zoo cukup banyak, binatangnya semua tampak sehat dan gemuk dan jaraknya tidak terlalu jauh dengan kita, kecuali untuk binatang-binatang buas.

Di Secret zoo, pertama kali masuk, kita akan melewati banyak koleksi monyet, dari yang terkecil sampai yang besar seperti baboon, kemudian ada binatang-binatang seperti musang, binturong dan lain-lain. Selesai dari situ, kita akan melewati koleksi reptile (penulis tidak dapat menggambarkan mengenai koleksi reptile, karena langsung lari keluar), dari tempat reptile kita masuk ke koleksi ikan-ikan lanjut ke savanah, trus ke tempat binatang buas dan lain-lain.

Di dalam area secret zoo, ada banyak penjual makanan kalo kita tidak membawa bekal, dan juga ada area tempat bermain anak yang free to ride, asal antri, super enak kan? . Kita juga bisa foto bersama bintang, cukup dengan membayar Rp. 5.000,- per orang, ada Binturong, baby tiger, burung kaka tua dll, trus apabila lelah berjalan kita bisa menggunakan fasilitas e-bike dengan syarat harus memiliki SIM.

Museum Satwa  ini arsitektur bangunannya wah sekali, bagian depannya seperti gedung putih di Amerika sana dengan pilar pilar besar yang menjulang tinggi yang diapit oleh dua patung gajah besar. Museum ini berisikan fosil dari hewan-hewan yang sudah punah dan yang masih ada hingga saat ini. Ketika masuk kedalam gedung museum, kita akan disambut oleh kerangka tulang belulang atau fosil dari beberapa macam Dinosaurus.

Selain fosil ada juga beberapa satwa yang bisa kita lihat dalam keadaan satwa sudah diawetkan. Uniknya di Museum Satwa Malang ini tidak hanya menampilkan satwa liar dari Indonesia saja melainkan berbagai satwa dari seluruh benua, ditampilkan dengan diorama menyerupai tempat asal dan habitat hewan-hewan tersebut berada, mulai dari tebing curam bersalju, hutan tropis, hutan pinus, rawa, danau bahkan hingga gurun. Tidak lupa hewan-hewan laut juga terpampang dalam diorama ini, segala macam satwa maritim yang langka.

Selain difungsikan sebagai taman hiburan di ekosistem lengkap, Eco Green Park menggabungkan alam, budaya, lingkungan, dan seni yang inspiratif dan menarik. Berbagai wahana di eco green park sangat cocok untuk rekreasi keluarga dan sebagai wisata pendidikan untuk anak-anak, karena anak-anak dapat belajar tentang ekosistem dan lingkungan, budaya serta pendidikan.

Di dalamnya terdapat miniatur candi, ada teater 3D Hanoman, ada tempat untuk simulasi gempa, simulasi badai, ada tempat belajar hidroponik, ada tempat belajar pengolahan susu, banyak juga terdapat binatang ternak di sini dan lain-lain.

7. Museum Angkut

Museum yang baru dibuka pada tanggal 9 Maret 2014 ini adalah, museum pertama di Asia Tenggara yang mengusung tema alat trasnportasi.  Museum ini dibangun sebagai tanda apresiasi untuk perkembangan dunia transportasi nusantara dan dunia, sehingga tak mengherankan jika di sini kita dapat menyaksikan berbagai koleksi moda transportasi mulai dari yang masih menggunakan tenaga binatang sampai tenaga listrik.

Dengan luas sekitar 3,7 hektar, tempat wisata ini dibagi menjadi beberapa zona dan dilengkapi dengan beragam ornamen dan landmark khas setiap zona, yaitu Zona Hall Utama, Zona Edukasi, Zona Sunda Kelapa dan Batavia, Zona Gangster Town dan Broadway Street, Zona Uni Eropa, Zona Jepang, Zona Hollywood, Zona Flight Training, Zona Pasar Apung dan Zona D’Topeng Kingdom.

8. Pos Ketan Legenda 1967

Pos Ketan Legenda 1967 terletak menyempil di antara tempat makan lainnya disekitaran alun-alun kota Batu, Malang. Tempatnya kecil dan antriannya panjang, tapi rasa lelah menunggu, akan terbayar tuntas karena rasa ketannya enak sekali, ketannya empuk dan walaupun dicampur susu dan keju, ga bikin eneg.

Menu ketan yang dapat kita pilih adalah, ketan bubuk, ketan putri salju, ketan kicir, ketan campur, ketan susu keju, ketan susu meses, ketan susu keju meses, ketan durian, ketan susu pisang, ketan black and white, ketan ayam pedas, ketan susu kacang, ketan susu nangka.  Selain ketan, ada tahu isi yang rasanya agak pedas tapi super enak, dipadu teh manis panas yang rasa tehnya enak, rasa manisnya tepat dan minumnya dengan cara ditumpahkan di piring kecil yang sudah disediakan, kemudian meminumnya dengan cara menyeruput teh yang sudah dituangkan ke piring, kalau pak Bondan bilang, maknyus rasanya dan harganya super murah.

9. Batu Night Spectacular (BNS)

Batu Night Spectacular yang terletak di jalan Oro-oro Ombo merupakan tempat wisata malam di Batu. Beragam atraksi dan wahana serta permainan yang seru, dan aman dimainkan baik untuk anak-anak maupun orang dewasa terdapat di sana.

Atraksi yang terdapat di sana ada Spectacular Show ( Laser Show, Air Mancur Menari, Multimedia Show), Panggung Hiburan dengan sajian live music kesenian nusantara setiap harinya, Lampion Garden, Bioskop 4 Dimensi, Rumah Hantu, Berburu Hantu, Rumah Kaca, Karaoke Keluarga, Game Room, Go Kart, Battle Area, Sirkuit Drag Race, Road Race dan Slalom yang dilengkapi dengan tribun penonton.

Untuk wahana permainan di sana ada Sepeda Udara, Disco Bumper Car, Kursi Terbang, Marry Go Round, Ali Baba, Mini Boom-Boom Car, Mini Train, Rumah Kaca, Rodeo, SepedaGila, Trampoline, Playground, Fun House, Gravitron, Laser Mission , Trick Art Gallery , Joy Land , Jump Around, Monkey Jump, Baby Wheel, Rockin’ Tug, Mega Mix , Magic Bounce.

Psst…,untuk info saja, apabila ingin mencari penginapan yang tidak terlalu mahal di Malang, tetapi tempatnya nyaman, datanglah ke Kertanegara Guest House yang terletak di pusat kota. Hotelnya bagus, walaupu harganya murah, cuma Rp. 300.000,- per kamar. Fasilitasnya lumayan, ada hair dryer, ada safe deposit box, ada shower dengan air dingin+panas, kamarnya pun cukup luas, disediakan pemanas air dll.