Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat Berlibur ke Singapura

Singapore

Singapura merupakan negara bekas jajahan Inggris yang terletak di Asia Tenggara, berupa pulau kecil dengan kepadatan penduduk tinggi. Tidak seperti negara dengan tingkat kepadatan penduduk tinggi lain, lebih dari 50% wilayah Singapura ditumbuhi pepohonan dan memiliki banyak taman serta tempat wisata alam. Oleh karena itu, Singapura menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Asia Tenggara.

Banyak warga negara Indonesia menjadikan Singapura sebagai destinasi wisata atau tempat berlibur karena letaknya yang berdekatan. Bahkan ada banyak warga yang sudah beberapa kali berkunjung ke sana. Wisatawan tidak pernah bosan karena selalu saja ada hal baru yang dapat ditemui. Berikut beberapa destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Singapura

Universal Studio Singapore (USS)

Universal Studio Singapore
Universal Studio Singapore

Salah satu destinasi paling favorit di Singapura adalah Universal Studio Singapore (USS) yang terletak di Sentosa Island, di bagian selatan Singapura. Banyak cara untuk menuju ke USS, wisatawan dapat menggunakan MRT, bus, Uber Car atau pun Grab Car.

Mengenai pembelian tiket, lebih baik membeli secara online melalui website yang menyediakan penjualan e-ticketnya seperti klook, traveloka, blibli dan lain-lain. Pembelian melalui website mempermudah dan biasanya lebih murah. Harga ticket standard untuk dewasa adalah SGD 76 dan untuk anak-anak adalah SGD 56.

USS selalu penuh di hari libur, tetapi di hari kerja pun tak kalah penuh. Oleh karena itu, datanglah lebih pagi agar bisa masuk lebih cepat. Karena biasanya sebelum pintu dibuka, sudah banyak antrian pengunjung. Terdapat beberapa zona permainan yang dapat kita kunjungi di USS, yaitu zona Far Far Away, Madagascar, The Lost World, Hollywood, Ancient Egypt, New York dan Sci-Fi City.

Rencanakanlah dari awal, atraksi apa yang akan diikuti di sana, jangan datang tanpa rencana, karena ada beberapa atraksi favorit yang antriannya akan memakan waktu lebih dari 2 jam apabila sedang penuh. Jurassic Park Rapid Adventure adalah salah satu atraksi favorit yang terletak di zona The Lost World. Lama antriannya bisa 1 – 2 jam atau lebih. Di permainan ini kita melakukan rafting dengan settingan Jurassic park, atraksi ini menjadi atraksi yang seru, menegangkan dan harus siap-siap basah. Oleh karena itu sebaiknya membawa jas hujan dari rumah atau membeli jas hujan plastik di sana, seharga SGD 3. Selain itu juga ada atraksi Water World yaitu atraksi “water show” secara langsung yang sangat seru.

“Revenge of The Mummy” adalah salah satu atraksi favorit di zona Ancient Egypt yang berupa roller coaster yang dipadu dengan 3D effect. Di zona ini juga terdapat restaurant dengan masakan khas India dan Timur tengah, yaitu Oasis Space Cafe. Dan untuk umat muslim, di sini terdapat musholla yang terletak di dekat locker apabila ingin beribadah.

Locker yang terdapat di sini, dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang dan handphone, karena ada beberapa atraksi yang mengharuskan pengunjung menyimpan semua barang bawaan, tidak terkecuali handphone. Kita tidak perlu takut menyimpan barang berharga di sini, karena sangat aman. Locker hanya dapat dibuka menggunakan sidik jari kita setelah memasukan sejumlah uang untuk biaya sewa.

Battlestar Galactica “Human” (berwarna merah) dan Battlestar Galactica “Cylon” (berwarna abu-abu) adalah atraksi yang paling disukai di Sci-Fi City, berupa roller coaster dengan kecepatan sangat tinggi dan gerakan turun naik yang drastis. Selain itu, ada juga “Transformers The Ride : The Ultimate 3D Battle” yang berupa atraksi roller coaster yang dipadu dengan 3D effect.

Apabila kita mengunjungi USS bersama balita, maka zona yang cocok untuk dikunjungi adalah zona Far Far Away dan Madagascar, karena di sana terdapat banyak atraksi yang dapat diikuti oleh balita, seperti “Shrek 4D Adventure” , dimana kita dapat ikut melihat, mendengar dan merasakan petualangan bersama Putri Fiona dan Shrek atau menaiki komidi putar bersama King Julien, lemur dan teman-teman Madagascar lainnya di “King Julien’s Beach Party Go Round”.

Di Zona Hollywood dan New York kita bisa memuaskan hasrat berfoto. Banyak terdapat karakter-karakter yang muncul yang dapat kta ajak untuk berfoto bersama seperti Marilyn Monroe, Betty Boop, minions dan lain-lain.

Selain menaiki atraksi yang ada dan foto-foto, di sini kita juga dapat berbelanja souvenir khas Universal Studio atau produk dari Universal Studio seperti Sesame Street Character, Jurassic Park Character, The minions dan lan- lain.

Arab Street

Sultan Mosque
Sultan Mosque

Arab Street yang berada di Kampung Glam merupakan pusat perbelanjaan perlengkapan muslim di Singapura. Arab Street ini tidak mengacu pada satu jalan saja, tapi di sana terdapat Muscat Street, Bussorah Street, Haji Lane dan Bali Lane.

Di Muscat Street terdapat Mesjid Sultan (Sultan Mosque) yang merupakan mesjid tertua dan terbesar, paling terkenal di Singapura. Mesjid Sultan berdiri sejak tahun 1826 dan dikenal dengan ciri khas kubah emasnya yang besar dan cantik. Banyak turis muslim maupun non muslim yang berkunjung dan  menyempatkan sholat di sana saat waktu sholat tiba. Untuk turis non muslim yang berkunjung, baik laki-laki maupun perempuan akan diberikan pakaian berupa gamis untuk perempuan dan sarung untuk laki-laki agar penampilannya sesuai  untuk berada di tempat ibadah. Turis-turis tersebut biasanya tidak keberatan dan mereka senang sekali dengan atribut yang tidak biasa mereka pakai, sehingga banyak yang berfoto.

BACA JUGA :  Sekelumit Kisah Halimah Yacob, Penjual Nasi Padang Yang Jadi Presiden Wanita Pertama Singapura

 

Muscat Street (Part of Arab Street)
Muscat Street (Part of Arab Street)

Di sepanjang Arab Street kita akan menjumpai deretan ruko dengan cat warna cerah yang menjual berbagai perlengkapan ibadah seperti: Alquran, songkok hingga busana Muslim. Ada juga yang menawarkan aneka barang kerajinan dan souvenir cantik.

Kalau sudah berada di kawasan Arab Street, sempatkanlah mampir ke Haji Lane, tak jauh dari Arab Street yang merupakan sebuah jalan kecil yang sangat keren dan dikenal sebagai jalan paling trendi di Singapura. Menyusuri jalan kecil ini, kita akan mendapati banyak grafiti warna-warni di sisi kanan kiri, selain itu kita juga bisa melihat bangunan-bangunan yang usianya ratusan tahun namun kondisinya masih cantik terawat yang sekarang dimanfaatkan sebagai kafe, bar, restoran dan butik-butik lokal Singapura. Butik-butik perancang lokal Singapura yang ada di Haji Lane biasanya jadi tujuan utama wisata belanja, berbagai fashion item yang tidak pasaran namun keren dan berkualitas bagus, bisa didapati di sini.

 

Little India

Little India adalah adalah daerah tempat tinggal orang-orang keturunan India di Singapura. Di sini akan mengingatkan kita pada pemandangan, suara khas di film-film India dan akan tercium aroma rempah khas India. Banyak hal yang dapat kita lakukan di Little India, seperti wisata kuliner dengan hidangan vegetarian khas India Selatan, hidangan tandoori khas India Utara, dan hidangan khas setempat seperti roti prata (panekuk bundar) dan teh tarik.

Coba mulai petualangan di Little India dari Little India MRT Station, kemudian berjalanlah ke arah luar, tidak jauh dari situ ada sebuah bangunan tua yang merupakan satu-satunya bangunan yang tersisa dari perumahan orang China pada masa lalu di Little India. Nama bangunan tersebut adalah House of Tan Teng Niah yang berupa bangunan warna warni khas China yang instagramable sehingga banyak dikunjungi untuk berfoto di sana. Apabila ingin berfoto di sini, datanglah agak pagi, agar tidak usah antri untuk berfoto. Tak jauh dari situ ada Tekka Center yang merupakan pusat perbelanjaan makanan, minuman dan camilan khas India, kemudian berjalanlah terus, kita akan menemukan banyak dinding bergrafiti indah, yang dapat kita jadikan sebagai spot foto.

Berada di Little India tidak lengkap rasanya kalu tidak mengujungi tempat ibadah umat Hindu di Singapura, di sini terdapat banyak kuil yang dapat dipilih untuk dikunjungi, seperti Sri Veeramakaliamman Temple yang berdiri sejak tahun 1953 dan dibangun oleh para buruh yang berasal dari Suku Tamil, India. Di bagian depan terlihat ornamen patung dewa-dewi Hindu, yang menjulang tinggi di atap kuil dan di dalamnya terdapat koleksi patung Dewi Sri Veeramakaliamman yang diapit dua anaknya, yaitu Ganesha dan Murugan. Selain kuill Sri Veeramakaliamman ada juga kuil Sri Thandayuthapani, Sri Krishnan dan lain-lain. Tapi sebaiknya hanya kunjungi satu kuil saja, karena kurang lebih sama.

Highlight dari Little India, tempat yang paling banyak dikunjungi oleh turis, terutama turis Indonesia adalah Mustafa Center yang merupakan pusat perbelanjaan serba ada, mulai dari barang elektronik, jam tangan perfume, chocolate, snacks dan lain-lain buka 24 jam.

Merlion park

Belum sah rasanya apabila mengunjungi Singapura tapi tidak mampir ke Merlion Park, tempat dimana patung Merlion, yang berbentuk kepala singa dengan badan ikan yang merupakan simbol negara Singapura ini berada. Patung kepala singa Merlion melambangkan singa yang terlihat oleh Pangeran Sang Nila Utama saat ia menemukan kembali Singapura di tahun 11 M, sedangkan ekornya Merlion melambangkan kota kuno Temasek (berarti “laut” dalam bahasa Jawa). Berpose dengan latar belakang patung Merlion merupakan mandatory picture saat mengunjungi Singapura, apalagi untuk yang baru pertama mengunjungi Singapura.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Merlion Park dan berfoto di sana adalah pagi hari, karena apabila tidak, akan padat sekali pengunjung di sana yang juga ingin berfoto dengan patung Merlion, sehingga akan sulit mendapatkan foto tanpa ada latar belakang orang di dalamnya. Selain berfoto dengan latar belakang patung Merlion, kita juga dapat berjalan-jalan di sekitar Merlion Park atau duduk santai sambil melihat pemandangan Singapore river, gedung kembar Marina Bay, Esplande dan masih banyak lainnya.

Henderson Waves Bridge

Henderson Waves Bridge adalah jembatan pejalan kaki tertinggi di Singapura, yang memiliki ketinggian  36 meter. Jembatan ini diiresmikan pada tanggal 10 Mei 2008. Jembatan ini memiliki bentuk yang fantastis, yang meniru bentuk ombak yang bergelombang, melengkung, dan memutar sepanjang 274 meter. Di bawah lengkungan-lengkungan tersebut, tersedia undakan yang dapat kita pakai sebagai tempat duduk untuk bersantai dan istirahat.

BACA JUGA :  Sekelumit Kisah Halimah Yacob, Penjual Nasi Padang Yang Jadi Presiden Wanita Pertama Singapura

Menghubungkan mount faber dan bukit telok blangah, jembatan ini adalah tempat yang populer di akhir pekan sebagai spot foto, tempat untuk bersantai untuk pasangan, keluarga dengan anak-anak, dan juga untuk para pencinta joging. Di jembatan ini pun diperbolehkan membawa binatang kesayangan seperti kucing atau anjing, tapi harus dengan pengawasan. Pada malam hari jembatan ini di terangi lampu LED, mulai dari jam 7 malam sampai dengan jam 2 pagi.

Henderson wave bridge terletak di Henderson Road. Untuk mencapai lokasi jembatan ini kita dapat menggunakan MRT, turun di Harbour Front, cari exit C kemudian cari halte bus dan naiklah  bus No. 145 atau 131 yang melewati Henderson Road, hanya 2 stop saja. langsung sampai.

ArtScience Museum

Museum yang baru dibuka pada tahun 2011 ini seperti namanya, memadukan antara seni dan ilmu pengetahuan. Terletak di 6 Bayfront Avenue di Marina Bay Sands area, museum ini merupakan museum yang bertemakan artscience pertama kali di dunia. Pameran di museum ini ada yang permanen ada juga berupa pameran internasional yang terus berganti-ganti (musiman). American Museum of Natural History dan Smithsonian Institute adalah organisasi internasional yang pernah melakukan pameran internasional di sini.

“The Future Worlds, When Art and Science Meet”  adalah pameran permanen di museum ini, berupa karya seni yang digabungkan dengan kecanggihan teknologi dan sangat interaktif. Ada beberapa bagian yang terdapat dalam pameran ini, yaitu Nature, Town, Park dan Space.

a. Nature

Pada bagian ini, terdapat  banyak layar lebar yang berisi gambar interaktif pemandangan lengkap dengan gambar binatangnya. Ketika gambar binatang disentuh, akan berubah menjadi gambar asap berwarna-warni. Ada juga gambar pemandangan berupa pehohonan  yang warna pepohonannya akan berubah sesuai dengan warna kotak-kotak di lantai yang kita injak.

b. Town

Bagian Town menyediakan kertas berisi gambar alat-alat transportasi seperti mobil, bus atau truck dan juga ada gambar rumah. Gambar tersebut kemudian kita pilih dan warnai (disediakan crayon). Setelah diwarnai dan diberi nama, hasil mewarnai tersebut dapat kita scan dan hasilnya akan muncul di layar besar. Kalau yang kita scan berupa alat transportasi, maka gambar tersebut akan tampak berjalan di menyusuri jalanan di kota yang terdapat di layar. Apabila gambar rumah, rumah tersebut akan berada di pinggir jalan, tapi apabila akan kita sentuh, rumah tersebut akan bergoyang-goyang.

c. Park

Sama dengan di bagian Town, di sini disediakan juga gambar-gambar yang bisa diwarnai. Gambar yang tersedia di sini adalah gambar beberapa jenis ikan dan kura-kura yang dapat di scan juga . Hasil scan akan masuk di layar yang terlihat seolah-olah seperti di aquarium raksasa yang berisi ikan yang kita gambar. Ikan-ikan tersebut akan kabur ketika kita sentuh.

d. Space

Space adalah highlight dari pameran Future World secara keseluruhan, banyak diminati oleh wisatawan sebagai spot foto. Pameran tersebut adalah Crystal Universe yang berupa ruangan yang penuh dengan lampu-lampu yang warnanya bisa berubah-ubah menyesuaikan dengan alunan musik saat itu. Perubahan warnanya bervariasi, antara ungu, biru, putih, dan agak pink, tapi sayang saat penulis berkunjung, Crystal Universe sedang dalam tahap renovasi.

Jam buka dari museum ini adalah jam 10 pagi sampai dengan jam 7 Malam.  Harga tiket masuknya adalah SGD 18 per orang dewasa dan SGD 13 untuk anak-anak, atau bisa membeli paket untuk keluarga (sebanyak 4 orang) dengan harga masing-masing SGD 12.5. .

Setelah membaca beberapa rekomendasi tempat wisata di Singapura yang sudah disebutkan di atas, sekarang mungkin kamu bisa mulai membuat itinerary wisata yang akan kamu jalankan saat liburan di sana, selamat berlibur.