Doyan Makan Tapi Takut Gemuk? Berikut 13 Macam Makanan Yang Bisa Kamu Makan Sebanyak-banyaknya

Hidup sehat sudah menjadi gaya hidup orang-orang masa kini. Berolahraga dan menjaga asupan makanan agar tetap sehat dan langsing sudah menjadi hal yang umum dilakukan. Banyak yang melakukan diet, sehingga sangat menjaga apa yang mereka makan. Tidak ada makanan yang memiliki nol kalori, tapi ada beberapa macam makanan yang tidak akan membuat berat badan kita bertambah drastis, walaupun kita banyak mengkonsumsinya.

Makanan-makanan tersebut biasanya termasuk ke dalam golongan sayuran ataupun buah-buahan yang tidak mengandung pati (non-starchy).
Sayuran dan buah-buahan yang termasuk ke dalam golongan ini biasanya :
– Memiliki kandungan air yang tinggi
– Memiliki kadar kalori yang rendah
– Memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga akan membuat kita cepat merasa kenyang dalam waktu yang lama (dibandingan dengan makanan lain)

Hal-hal di atas tersebut yang membuat makanan ini tidak menyebabkan peningkatan berat badan bila banyak mengkonsumsinya. Selain dari hal-hal yang disebutkan di atas, walaupun tidak memiliki kandungan protein yang tinggi, tapi makanan jenis ini kaya akan vitamin, antioksidan dan nutrisi lain yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut adalah contoh makanan tersebut

1. Celery (Seledri)

Celery (Seledri) ini, hampir 95% terdiri dari air, tapi walaupun begitu hal ini tidak menjadikan celery tidak memberikan manfaat yang nyata untuk kesehatan tubuh kita. Selain terdiri dari air, celery mengandung potassium, folat (vitamin B kompleks), serat dan vitamin K, vitamin A, vitamin C, vitamin D dll yang sangat bermanfaat untuk tubuh, dan hanya mengandung 6-16 kalori per 100 gram.

Celery sangat baik apabila dimakan ketika masih segar dan akan kehilangan sedikit demi sedikit antioksidan yang dikandungnya apabila semakin lama disimpan.

Seledri

2. Kale

Kale yang mungkin masih terdengar asing di telinga kita, adalah sejenis sayuran yang masih satu keluarga dengan kubis, brokoli dan lain-lain. Kale mengandung 33 – 49 kalori per 100 gram dan juga mengandung protein serta serat. Kale juga termasuk sayuran yang mengandung omega 3 yang biasanya terdapat di dalam ikan. Selain itu, kale juga memiliki kandungan vitamin yang tinggi dan vitamin B kompleks.

Kale

3. Blueberry

Buah blueberry terkenal dengan kandungan anti oksidannya yang tinggi, yang lebih banyak dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Anti oksidan yang dikandung blueberry bermacam-macam, seperti phenols, flavonoid dan antosianin. Blueberry mengandung 58 kalori per 100 gramnya. Selain membantu menurunkan berat badan, blueberry juga meningkatkan kesehatan otak, mencegah penyakit jantung dan dapat mencegah kerusakan sel serta membantu tubuh memerangi sel kanker.

Blueberry

4. Timun

Buah yang hampir seluruh bagiannya adalah air ini, mengandung kalori yang rendah sekali, yaitu sekitar 16 kalori per 100 grams. Sebaiknya kita tidak mengupas kulit timun saat akan mengkonsumsinya, karena bagian dari buah timun yang memiliki kandungan nutrisi tinggi adalah kulit dan bijinya.

Timun memiliki kandungan beta karoten, vitamin A yang berguna untuk kesehatan mata, juga mengandung banyak serat sehingga membantu dalam program diet serta berfungsi juga sebagai anti toxin.

Timun

5. Tomat

Tomat yang memiliki nama latin Lycopersicum esculentum ini terkenal dengan kandungan Lycopene-nya yang tinggi yang dapat membantu dalam penyembuhan tubuh. Selain Lycopene, tomat juga memiliki kandungan vitamin A, C dan B2 yang sangat tinggi. Potassium, serat juga terdapat di dalam tubuh.

Tomat

6. Grapefruit (sejenis jeruk dengan nama latin Citrus paradisi)

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penambahan Grapefruit ke dalam menu makanan, akan membantu menurunkan berat badan, sehingga buah ini sering juga disebut sebagai makanan diet. Tingginya kadar serat yang dikandung Grapefruit, membuat kita mudah merasa kenyang. Menyeimbangkan kadar gula dalam darah juga merupakan salah satu fungsi dari grapefruit, yang akan membuat rasa kenyang bertahan lama.

Kandungan kalori yang tedapat dalam 100 grams grapefruit hanya 33 kalori. Vitamin C yang dikandung oleh grapefruit juga berfungsi dalam menjaga kesehatan tubuh, membantu menurunkan kadar kolesterol, melancarkan pencernaan. Asam folat yang terdapat di dalamnya baik untuk wanita hamil.

Grapefruit

7. Brokoli

Brokoli yang sangat baik dimakan mentah atau setelah dikukus ini mengandung antioksidan yang berguna untuk mencegah tumbuhnya sel kanker. Vitamin yang terdapat di dalam Brokoli adalah vitamin A, C, E dan K. Selain itu Brokoli juga mengandung kadar serat yang tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam 100 grams Brokoli, hanya terdapat 34 kalori.

Brokoli

 

Pages ( 1 of 2 ): 1 2Next »