Tanda Bahwa kamu kekurangan Minum Air Putih

Rata-rata tubuh manusia dewasa, 55-60% nya adalah terdiri dari air, oleh karena itu, air merupakan hal penting yang harus selalu dijaga volumenya dalam tubuh. Tetapi banyak orang yang tidak menganggap minum air putih (air mineral) sebagai prioritas, akibatnya kita akan merasakan ada yang salah dalam tubuh. Karena hal itu ada produk air mineral yang menyebutkan bahwa kita akan menjadi tidak fokus apabila kurang minum air putih (air mineral).

Apabila kita mengalami dehidrasi, seperti kendaraan, tubuh akan memberikan tanda-tanda yang mengharuskan memperbaiki volume air dalam tubuh. Berikut adalah tanda-tanda yang diberikan tubuh, saat kekurangan air putih (mineral).

  1. Kulit akan menjadi kering dan tetap kering (tidak lembap) walaupun sudah diberi lotion

Musim dingin akan membuat kulit kering, kandungan minyak yang terdapat di dalam kulit berkurang, tetapi dengan tambahan penggunaan lotion yang memiliki kandungan minyak, kulit akan kembali segar seperti semula. Tetapi apabila kulit kering terjadi bukan karena cuaca dingin, dan ketika diberi lotion yang memiliki kandungan minyak yang tinggi tapi kulit tetap kering, hal ini biasanya merupakan tanda bahwa tubuh kita kekurangan cairan. Oleh karena itu, minumlah air putih (mineral) yang cukup, disesuaikan dengan kebutuhan badan kita.

2. Bibir kering dan pecah-pecah

Sangat jelas sekali kurang minum akan menyebabkan mulut dan lidah kita lengket dan kering, tapi banyak orang menganggap hal ini biasa. Selain bibir yang kering, rasa haus yang sangat besar. Untuk mengatasi hal tersebut minumlah air putih (mineral) untuk mengembalikan volume air tubuh kita. Tetapi, apabila setelah minum cukup banyak air untuk mengembalikan volume air di dalam tubuh tetapi bibir kering dan rasa haus yang berkepanjangan masih terjadi, sebaiknya harus memeriksakan diri ke dokter.

3. Pusing

Pusing karena kepala sakit terasa seperti dibenturkan ke dinding yang makin lama akan makin terasa parah, sehingga menyebabkan emosi kita meledak-ledak, kadang terjadi karena tubuh kekurangan cairan (dehidrasi) selain itu, dehidrasi juga dapat memicu migrein. Tetapi, pusing dan migrein ini akan lambat laun berkurang apabila kadar cairan dalam tubuh kita sudah normal kembali.

4. Tidak bergairah

Istirahat dan tidur yang cukup adalah sangat penting bagi kesehatan, karena selama tidur semua fungsi-fungsi diperbaharui lagi. Tetapi apabila kamu memiliki jam tidur yang cukup, tetapi tubuh masih terasa lelah dan tidak bergairah, hal ini adalah tanda bahwa kamu mengalami dehidrasi. Rasa lelah ini pun akan membuat kita sulit berkonsentrasi dan mungkin akan berbahaya apabila kita sedang berkendara, oleh karena itu, minumlah air putih (mineral) sesuai dengan kebutuhan tubuh kita.

5. Berat badan bertambah

Percaya atau tidak, kekurangan cairan dalam tubuh akan menyebabkan berat badan meningkat. Dehidrasi kadang membuat sinyal yang salah kepada otak yang membuat berfikir bahwa kita sedang merasa lapar bukannya haus, hal ini tentu akan membuat berat badan kita meningkat. Konsumsi cairan yang cukup akan mengatasi hal tersebut, dan lagi konsumsi air yang cukup tersebut akan mempercepat proses metabolisme tubuh.

6. Sembelit

Tubuh membutuhkan cairan untuk membantu mengalirkan sisa pembuangan yang ada di dalam tubuh pada sistem pencernaan, sehingga apabila tubuh kekurangan cairan proses pembuangan sisa tubuh yang tidak terpakai akan terhambat dan menyebabkan sembelit.

7. Infeksi Saluran Kemih

Saat tubuh kekurangan minum, ginjal akan kehilangan cairan. Padahal ginjal membutuhkan cairan agar dapat berfungsi lebih baik. Hal ini akan dapat membuat kita menjadi jarang buang air kecil dan urin menjadi lebih pekat. Kekurangan cairan dapat memicu memburuknya aliran darah yang dapat mengakibatkan gangguan fungsi ginjal dan mempermudah terjadinya infeksi saluran kemih yang disebabkan oleh bakteri yang tidak dapat keluar.Mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup dapat membantu bakteri keluar dari saluran kemih dan mengurangi risiko terjadinya infeksi saluran kemih.

8. Bad mood

Sedang mengalami mood yang jelek? Coba minumlah satu gelas air putih (air mineral), dan kamu akan terkejut dengan apa yang akan terjadi, karena perasaanmu akan membaik. Berdasarkan penelitian, bahkan dehidrasi ringan saja, akan dapat menyebabkan terjadinya perubahan pada sistem syaraf yang akan menyebabkan kita kehilangan fokus sehingga membuat kita berada dalam mood yang jelek.

9. Kram Otot

Terjadinya kram otot biasanya menimbulkan rasa ketidaknyamanan dan rasa sakit, Biasanya bila mengalami hal seperti ini, banyak yang melakukan peregangan (stretching) atau pijat untuk meredakan kram otot tersebut. Masih terjadi perdebatan dalam penelitian mengenai adanya hubungan antara kekurangan cairan dengan terjadinya kram otot. Tetapi, apabila kekurangan cairan, sirkulasi darah kita akan melambat, darah akan bergerak dari otot menuju organ tubuh yang lebih vital untuk melindunginya. Hal ini menyebabkan kurangnya oksigen, dan pasokan nutrisi yang tepat untuk otot sehingga terjadilah kram.