7 Jenis Noda Bandel Yang Sering Kita Temui Serta Cara Mengatasinya

noda kopi

Noda yang terdapat di pakaian, perabotan rumah dan karpet sangat menjengkelkan, karena mengurangi keindahan dan kebersihan barang-barang tersebut. Untuk mengatasi hal itu, akhirnya pilihan kita jatuh pada penghilang noda yang dijual di pasaran. Tapi sayang sekali, bahan dari penghilang noda tersebut kadang dapat merusak pakaian yang terbuat dari serat alami seperti sutera, wol ataupun kain katun.

Selain itu, ada juga kandungan dari bahan pembersih tadi yang tidak cocok untuk pemilik kulit sensitif atau bahkan ada yang mengandung alergen bagi penderita alergi sehingga memicu terjadinya alergi. Ada cara yang lebih baik dan lebih aman untuk menghilangkan noda-noda yang mengganggu tersebut, yaitu sebagai berikut :

1. Noda bekas perfume

kandungan asam di dalam perfume menimbulkan noda di pakaian yang berwarna terang, maka untuk mengatasi hal tersebut caranya adalah dengan merendam pakaian dalam campuran air dan baking soda selama kurang lebih 10 – 15 menit, setelah itu cuci pakaian seperti biasa, dan noda pada pakaian pun hilang.

2. Noda teh di karpet

Kadang secara tidak sengaja, kita menumpahkan teh yang sedang kita minum. Apabila tumpah di lantai, hal ini mudah dibersihkan, tetapi apabila tumpah ke atas karpet, hal ini akan menjadi masalah. Noda teh pada karpet, terutama karpet yang berwarna terang akan sulit dibersihkan. Campur 1 liter air dengan 1 sendok teh cuka, semprotkan pada noda yang ada di atas karper tersebut, diamkan selama 10 menit. Setelah itu, sikat dengan perlahan dan kemudian cuci seperti biasa.

3. Noda lipstick

Noda bekas lipstick sering kita temui pada pakaian yang tidak berkancing. Ketika kita memasukan pakaian melewati kepala kita, kadang secara tidak sengaja, bibir kita beradu dengan pakaian tersebut, sehingga terdapat noda pada pakaian kita. Noda bekas lipstick tersebut dapat kita hilangkan dengan mengusap noda tersebut menggunakan lap yang sudah diberi sabun cair pencuci piring, dan biarkan selama kurang lebih 10 menit sebelum dicuci seperti biasa.

BACA JUGA :  8 Inovasi Ini Membuktikan Kalau Kita Hidup di Masa Depan
4. Noda minyak

Minyak dapat menimbulkan noda gelap pada pakaian kita, tentunya hal ini akan merusak penampilan kita. Oleh karena itu, untuk mengatasinya adalah dengan cara menaburkan bedak tabur atau tepung pada noda minyak tersebut pada kedua sisinya kemudian diamkan selama 30 menit. Biarkan agar minyak tersebut terserap oleh tepung dan kemudian setelah itu cuci seperti biasa.

5. Noda tinta

Noda yang diakibatkan oleh tinta sangat sulit dihilangkan, untuk mengatasinya kita dapat menyemprotkan hairspray sampai basah pada noda tersebut, tapi sebelumnya alasi bagian bawah dari kain yang terdapat noda tersebut untuk mencegah agar noda tinta tidak merembes ke bawah. Tekan-tekan lap kering pada noda yang sudah diberi hairspray. Ulangi terus kegiatan ini sampai noda hilang untuk kemudian dicuci seperti biasa dengan menggunakan deterjen.

6. Noda darah

Noda yang diakibatkan oleh darah akan membuat bagian yang terkena akan berwarna cokelat muda bahkan sampai agak menghitam. Siramkan cuka putih ke atas noda dan biarkan selama 5 – 10 menit dan kemudian tekan-tekan dengan menggunakan lap kering. Ulangi proses ini sampai dengan noda hilang dan segera cuci seperti biasa. Cara lainnya adalah dengan merendam pakaian yang ternoda dengan campuran air dan amonia selama 20 menit. Angkat, ciprati dengai air hangat dan berilah sendawa sampai berbentuk pasta di atas noda tersebut. Tutupi dengan tissue, kemudian keesokan harinya cuci dengan air yang sudah dicampur amonia dengan deterjen seperti biasa.
Noda keringat. Noda keringat paling sering ditemui di daaerah ketiak pakaian. Biasanya noda tersebut berwarna kuning kecokelatan. Cara menghilangkannya adalah dengan mencampur air perasan lemon dan baking soda kemudian kucek noda tersebut dan cucilah seperti biasa, noda pun akan hilang secara mudah.

BACA JUGA :  Ternyata Gosip Bisa Menghambat Karier, Lho...
7. Noda kopi

Noda akibat kopi sering kita temui di taplak meja yang kita miliki. Untuk menghilangkan noda tersebut adalah cukup dengan mencucinya menggunakan cuka.
Semoga tips-tips di atas dapat membantu.