Know Your Lemons, Apa Sih Itu?

know your lemons

Worldwide Breast Cancer adalah suatu lembaga kesehatan internasional yang fokus pada deteksi awal kanker payudara. Kegiatannya adalah mengedukasi masyarakat mengenai kanker payudara, terutama mengenai gejala serta deteksi awalnya melalui kampanye, aplikasi dan alat edukasi lainnya.

Dengan melawan tabu, ketakutan dan halangan bahasa, pendekatan yang dilakukan oleh Worldwide Breast Cancer ini memberi pengaruh bagi masyarakat luas sehingga pada tahun 2017 ini, sudah mengedukasi kurang lebih 200 juta orang.

Kampanye Know Your Lemons adalah kampanye yang sedang digadang-gadangkan oleh Worldwide Breast Cancer, yang diciptakan oleh Corrine Beaumont. Seringnya kita merasa bahwa kita mengetahui tanda-tanda dari kanker payudara ini, tapi ketika kita memeriksa sendiri, kadang kita jadi merasa ragu, apakah yang kita rasakan itu adalah benjolan atau bukan dan lain sebagainya.

Hal ini menjadi perhatian Corrine, karena ternyata sangat sedikit informasi yang diketahui mengenai kanker payudara, apalagi dua orang neneknya meninggal akibat kanker payudara. Kemudian dia menemukan solusinya, Corrine menciptakan perumpamaan dengan menggunakan lemon sebagai contoh visual dari gejala kanker payudara, karena banyak wanita yang merasa risih apabila kampanye menggunakan gambar payudara asli. Know your lemons, mereka akan memberitahu kamu tentang kanker payudara.

Di bawah ini adalah gambar 12 buah lemon dalam satu box yang menunjukkan gejala dari kanker payudara.

BACA JUGA :  Bawa 5 Benda ini Supaya Liburan Kamu Jadi Lebih Hemat

Know Your Lemons

Gejala kanker payudara yang terlihat lebih mudah diketahui daripada yang dirasakan, padahal gejala umum yang paling banyak dari kanker payudara ini adalah adanya benjolan, di mana benjolan ini sulit dirasakan apabila masih kecil. Dengan bantuan mammogram kita dapat dengan mudah mendeteksi adanya benjolan, jadi kunjungilah dokter secara rutin untuk memeriksakan payudaramu.

Apakah kamu tau bagaimana rasanya texture dari benjolan kanker payudara, gambar di bawah adalah ilustrasinya.

Know Your Lemons

Waktu terbaik untuk memeriksa payudaramu adalah hari terakhir periode bulananmu, karena pada waktu itu, kondisi tubuh kita berada dalam tahap paling normal. Benjolan kanker payudara, berbeda dengan benjolan normal, karena bentuknya yang keras dan menetap (tidak dapat bergeser) dan ukurannya tidak tentu, bisa besar ataupun kecil.

Saat terbaik untuk melakukan pemeriksaan payudara (mammogram) adalah seperti ilustrasi di bawah ini.

Know Your Lemons

Apakah kamu sedang melakukan pemeriksaan gejala ataupun melakukan pemeriksaan rutin, adalah lebih baik apabila kamu mempersiapkan semuanya terlebih dahulu. Apabila ingin mengetahui apakah terdapat sel kanker atau tidak, maka harus melakukan tindakan biopsi.

Dan sebaiknya kita juga mengetahui apakah kita ada di posisi beresiko tinggi terkena kanker payudara atau tidak, karena dengan mengetahui hal tersebut kita dapat mengetahui pula, pemeriksaan apa saja yang sebaiknya kita lakukan, apakah cukup hanya dengan pemeriksaan rutin sendiri, mammogram dan lain-lain.

BACA JUGA :  8 Inovasi Ini Membuktikan Kalau Kita Hidup di Masa Depan

Jadi sekali lagi, apabila menemukan hal-hal yang meragukan, temuilah dokter, karena setidaknya apabila memang kekhawatiran kita tersebut memang ternyata kanker, kita dapat mengobati sejak awal sehingga persentase kesembuhan akan besar. Dan untuk lebih jelas mengenai kampanye ini, kunjungilah www.worldwidebreastcancer.org