6 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat Berlibur ke Singapura

4. Merlion park

Belum sah rasanya apabila mengunjungi Singapura tapi tidak mampir ke Merlion Park, tempat dimana patung Merlion yang berbentuk kepala singa dengan badan ikan yang merupakan simbol negara Singapura ini berada.

Patung kepala singa Merlion melambangkan singa yang terlihat oleh Pangeran Sang Nila Utama saat ia menemukan kembali Singapura di tahun 11 M, sedangkan ekornya Merlion melambangkan kota kuno Temasek (berarti “laut” dalam bahasa Jawa).

Berpose dengan latar belakang patung Merlion merupakan mandatory picture saat mengunjungi Singapura, apalagi untuk yang baru pertama mengunjungi Singapura.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Merlion Park dan berfoto di sana adalah pagi hari, karena apabila tidak, akan padat sekali pengunjung di sana yang juga ingin berfoto dengan patung Merlion, sehingga akan sulit mendapatkan foto tanpa ada latar belakang orang di dalamnya.

Selain berfoto dengan latar belakang patung Merlion, kita juga dapat berjalan-jalan di sekitar Merlion Park atau duduk santai sambil melihat pemandangan Singapore river, gedung kembar Marina Bay, Esplande dan masih banyak lainnya.

5. Henderson Waves Bridge

Henderson Waves Bridge adalah jembatan pejalan kaki tertinggi di Singapura, yang memiliki ketinggian  36 meter. Jembatan ini diiresmikan pada tanggal 10 Mei 2008. Jembatan ini memiliki bentuk yang fantastis, yang meniru bentuk ombak yang bergelombang, melengkung, dan memutar sepanjang 274 meter. Di bawah lengkungan-lengkungan tersebut, tersedia undakan yang dapat kita pakai sebagai tempat duduk untuk bersantai dan istirahat.

Menghubungkan mount faber dan bukit telok blangah, jembatan ini adalah tempat yang populer di akhir pekan sebagai spot foto, tempat untuk bersantai untuk pasangan, keluarga dengan anak-anak, dan juga untuk para pencinta jogging.

Di jembatan ini pun diperbolehkan membawa binatang kesayangan seperti kucing atau anjing, tapi harus dengan pengawasan. Pada malam hari jembatan ini di terangi lampu LED, mulai dari jam 7 malam sampai dengan jam 2 pagi.

BACA JUGA :  20 Tips dan Trik Yang Wajib Kamu Tahu Saat Traveling Ke Jepang

Henderson wave bridge terletak di Henderson Road. Untuk mencapai lokasi jembatan ini kita dapat menggunakan MRT, turun di Harbour Front, cari exit C kemudian cari halte bus dan naiklah  bus No. 145 atau 131 yang melewati Henderson Road, hanya 2 stop saja. langsung sampai.

6. ArtScience Museum

Museum yang baru dibuka pada tahun 2011 ini seperti namanya, memadukan antara seni dan ilmu pengetahuan. Terletak di 6 Bayfront Avenue di Marina Bay Sands area, museum ini merupakan museum yang bertemakan artscience pertama kali di dunia. Pameran di museum ini ada yang permanen ada juga berupa pameran internasional yang terus berganti-ganti (musiman). American Museum of Natural History dan Smithsonian Institute adalah organisasi internasional yang pernah melakukan pameran internasional di sini.

“The Future Worlds, When Art and Science Meet”  adalah pameran permanen di museum ini, berupa karya seni yang digabungkan dengan kecanggihan teknologi dan sangat interaktif. Ada beberapa bagian yang terdapat dalam pameran ini, yaitu Nature, Town, Park dan Space.

a. Nature

Pada bagian ini, terdapat  banyak layar lebar yang berisi gambar interaktif pemandangan lengkap dengan gambar binatangnya. Ketika gambar binatang disentuh, akan berubah menjadi gambar asap berwarna-warni. Ada juga gambar pemandangan berupa pehohonan  yang warna pepohonannya akan berubah sesuai dengan warna kotak-kotak di lantai yang kita injak.

b. Town

Bagian Town menyediakan kertas berisi gambar alat-alat transportasi seperti mobil, bus atau truck dan juga ada gambar rumah. Gambar tersebut kemudian kita pilih dan warnai (disediakan crayon). Setelah diwarnai dan diberi nama, hasil mewarnai tersebut dapat kita scan dan hasilnya akan muncul di layar besar. Kalau yang kita scan berupa alat transportasi, maka gambar tersebut akan tampak berjalan di menyusuri jalanan di kota yang terdapat di layar. Apabila gambar rumah, rumah tersebut akan berada di pinggir jalan, tapi apabila akan kita sentuh, rumah tersebut akan bergoyang-goyang.

c. Park

Sama dengan di bagian Town, di sini disediakan juga gambar-gambar yang bisa diwarnai. Gambar yang tersedia di sini adalah gambar beberapa jenis ikan dan kura-kura yang dapat di scan juga . Hasil scan akan masuk di layar yang terlihat seolah-olah seperti di aquarium raksasa yang berisi ikan yang kita gambar. Ikan-ikan tersebut akan kabur ketika kita sentuh.

BACA JUGA :  Sekelumit Kisah Halimah Yacob, Penjual Nasi Padang Yang Jadi Presiden Wanita Pertama Singapura

d. Space

Space adalah highlight dari pameran Future World secara keseluruhan, banyak diminati oleh wisatawan sebagai spot foto. Pameran tersebut adalah Crystal Universe yang berupa ruangan yang penuh dengan lampu-lampu yang warnanya bisa berubah-ubah menyesuaikan dengan alunan musik saat itu. Perubahan warnanya bervariasi, antara ungu, biru, putih, dan agak pink, tapi sayang saat penulis berkunjung, Crystal Universe sedang dalam tahap renovasi.

Jam buka dari museum ini adalah jam 10 pagi sampai dengan jam 7 Malam.  Harga tiket masuknya adalah SGD 18 per orang dewasa dan SGD 13 untuk anak-anak, atau bisa membeli paket untuk keluarga (sebanyak 4 orang) dengan harga masing-masing SGD 12.5. .

Setelah membaca beberapa rekomendasi tempat wisata di Singapura yang sudah disebutkan di atas, sekarang mungkin kamu bisa mulai membuat itinerary wisata yang akan kamu jalankan saat liburan di sana, selamat berlibur. (GA)