Lomba-lomba Legendaris Yang Selalu Menyenangkan Untuk Diikuti Saat 17 Agustus-an.

Lomba 17an

Tak terasa beberapa hari lagi lagi bangsa Indonesia merayakan hari kemerdekaannya yang ke-72. Banyak cara untuk memperingati dan merayakannya. Dan biasanya banyak yang berhias, jalanan dirapihkan, taman dirapihkan, pagar yang menguning terkena debu jalanan dibersihkan kemudian dicat ulang, gapura-gapura menuju komplek perumahan dihias, bendera dan umbul-umbul dipasang.

Tapi, yang tak kalah menarik adalah lomba-lomba yang diadakan untuk memeriahkan perayaan kemerdekaan RI ini. Sewaktu kecil, lomba-lomba ini sangat ditunggu untuk diikuti maupun hanya untuk menonton saja. Berikut lomba-lomba yang biasanya diadakan :

1. Balap Karung

Lomba balap karung biasanya lomba ini banyak diikuti oleh anak-anak. Cara permainannya, peserta berjajar kemudian ketika peluit ditiup, mereka harus masuk ke dalam karung dan meloncat-loncat menuju garis finish. Balap karung menjadi salah satu yang ditunggu, karena banyak hal yang lucu terjadi.

2. Lomba Kelereng

Lomba ini paling mudah, peserta memindahkan kelereng dari satu titik ke titik lainnya dengan menggunakan sendok yang disimpan di mulut.

Credit: englishcafe
3. Panjat pinang

Lomba panjat pinang dapat diikuti oleh orang dewasa maupun anak-anak, lomba ini banyak diminati peserta lomba karena hadiahnya banyak sedangkan hal ini diminati penonton karena melihat keseruan dan kelucuan peserta yang berusaha memanjat pohon pinang yang biasanya dilumuri oleh oli ataupun minyak sehingga sangat licin untuk dipanjat.

4. Lomba makan kerupuk

Lomba ini cocok banget untuk yang lagi lapar. Kerupuk diikat dengan tali kemudian tali tersebut digantungkan ke seutas tali yang sudah direntangkan, peraturannya peserta tidak boleh menggunakan tangannya untuk meraih kerupuk, tetapi kadang ada saja peserta nakal yang melakukannya.

5. Lomba sepeda hias

Lomba ini biasa diikuti oleh anak-anak, sepeda mereka dihias sedemikian rupa, dan pemenangnya adalah peserta yang sepeda hiasnya paling menarik menurut para juri.

Credit: pikiran-rakyat
6. Lomba ambil koin

Koin yang didapat tidak seberapa, tapi keseruan mengambil koinnya yang ditunggu-tunggu. Dalam lomba ini, koin diselipkan ke dalam buah pepaya yang sebelumnya sudah dilumuri oli dan kemudian digantung, seperti lomba makan kerupuk, peserta tidak boleh meraih buah pepaya tersebut menggunakan tangan. Lomba ini lucu sekali, karena muka peserta biasanya cemong berlumuran oli.

Credit: Kompasiana
7. Lomba sepakbola

Nah, ini biasanya temanya dibuat lucu, misal lomba sepakbola tapi seragam pemainnya berupa daster ibu-ibu.

Credit: redmufflers
8. Lomba joget balon

Peserta lomba ini biasanya berpasangan, kemudian balon yang sudah ditiup ditempatkan di tengah-tengah pasangan lomba, kemudian nanti diputarkan musik dan semua peserta harus menari diiringi alunan musik, peserta yang mampu menahan balon tanpa meletus atau pun jatuh sampai lagu selesai adalah pemenangnya.

Credit: monwise blogspot
9. Lomba masukan paku atau pensil ke dalam botol

Lomba ini gampang-gampang susah, dibutuhkan kecepatan dan ketepatan dalam permainannya. Paku atau pensil diikat menggunakan tali, kemudia diikatkan ke bagian belakang peserta kemudian peserta harus memasukan paku atau pensil tadi ke dalam botol.

Credit: monwise blogspot
10. Lomba tarik tambang

Nah ini lomba yang bisa diikuti oleh banyak orang, karena satu team terdiri dari banyak peserta. Lomba ini seru, membutuhkan tenaga tapi perlu berhati-hati agar tangan tidak lecet.

Credit: serubareng
11. Lomba bakiak

Peserta lomba ini biasanya terdiri dari dua orang atau lebih dalam satu team, dibutuhkan kekompakan team dalam melangkah menuju garis finish, karena salah-salah bisa menyebabkan terjatuh.

12. Lomba gebuk bantal

Lomba ini biasanya dilakukan di atas kayu yang direntangkan dan diberi minyak agar licin. Peserta kemudian saling gebuk menggunakan bantal dan pemenangnya adalah peserta yang bertahan tanpa terjatuh dari atas kayu tersebut.

Naah dari semua yang di atas, mana yang paling kalian suka??
(omekide/GA)