Penting, 12 Cara Untuk Mengetahui Apakah Kamu Memiliki EQ yang Tinggi atau Tidak

12 Cara Untuk Mengetahui Apakah Kamu Memiliki EQ yang Tinggi atau Tidak

Banyak penelitian yang menyatakan bahwa Emotional Intelligence atau biasa disebut EQ adalah sangat erat hubungannya dengan performa kerja. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Talentsmart pada lebih dari 1 juta orang dari berbagai macam profesi, EQ sangat mempengaruhi kesuksesan seseorang.

Sebelum lebih jauh, sebelumnya kita harus mengetahui dulu apa arti dari EQ secara singkat. EQ adalah kecerdasan emosional, yaitu kemampuan seseorang untuk menerima, menilai, mengelola serta mengontrol emosi dirinya dan orang lain di sekitarnya. Beberapa peneliti berkata bahwa EQ dapat dipelajari dan diperkuat, sedangkan peneliti lainnya berkata bahwa EQ ini adalah karakteristik bawaan.

Menurut peneliti dari Universitas Washington, EQ ini akan berpengaruh positif jika dilakukan dengan tulus. Ketua dari penelitian ini, Christina Fong berpendapat bahwa, rekan kerja akan melihat apa yang dilakukan oleh kita itu adalah sesuatu yang tulus atau dibuat-buat saja untuk mendapatkan simpati. Hal ini dikuatkan oleh pernyataan dari Louise Stephenson, yaitu bahwa ketulusan membutuhkan kejujuran, integritas dan rasa kesensitifan.

Untuk lebih jelasnya, ada 12 cara untuk mengetahui apakah kamu mempunyai ketulusan EQ atau tidak, yaitu :

1. Seseorang yang tulus tidak memaksa orang lain untuk menyukai mereka

Adalah hal yang tidak mungkin untuk memuaskan semua orang, jadi jangan sia-siakan waktu kita hanya untuk membuat orang menyukai kita. Seseorang yang tulus tidak peduli akan kepopuleran mereka, mereka hanya bersikap biasa, dan selalu tulus dan tidak berusaha untuk membuat orang kagum, tapi anehnya, malah hal ini yang membuat mereka disukai banyak orang.

BACA JUGA :  Bete? Lagi Banyak Masalah? 9 Hal ini Mungkin Bisa Membuat Kamu Kembali Tersenyum
2. Tidak menghakimi

Sangat tidak menyenangkan berbicara dengan orang yang berpikiran tertutup dan sulit diajak bekerja sama. Ketika ada seseorang yang mengeluarkan pendapat, orang yang tulus selalu mendengarkan sampai usai dan berusaha memahami sudut pandang mereka tidak asal bicara hanya dengan informasi yang sedikit saja.

3. Berani mengungkapkan pendapat

Seseorang dengan EQ yang baik, berani mengungkapkan pendapatnya yang dirasa lebih baik, walaupun pendapatnya tersebut berbeda dari pendapat rekan-rekan yang lainnya.

Berani mengungkapkan pendapat
(Credits: pixabay)
4. Dapat bekerja sama dan bekerja dalam sebuah tim

Seseorang yang tulus, tidak pelit akan ilmu yang mereka miliki, mereka tidak ragu untuk berbagi ilmu dan membantu rekan tim yang membutuhkan bantuan, karena apabila tim kita berhasil, maka hal itu akan jadi keberhasilan bagi semua orang.

5. Menghormati dan menghargai orang lain

Menghargai semua orang tanpa pandang bulu, tidak membedabedakan orang berdasarkan jabatan atau hal lainnya.

6. Tidak materialistik

Seseorang yang tulus tidak mendewakan uang, mereka lebih menghargai persahabatan dan keluarga.

7. Dapat dipercaya

Manusia itu dinilai dari perkataanya, dan dari bagaimana dia memperlakukan orang lain.

8. Dapat menerima kritik

Kritik kadang menjadi sarana untuk kita memperbaiki diri, ketika ada kritik dari orang lain, seseorang dengan EQ tinggi tidak langsung menelan mentah-mentah ataupun marah dengan kritikan tersebut, yang mereka lakukan adalah mencerna kritikan tersebut, mengambil yang baik untuk mereka dan meninggalkan yang tidak.

9. Menghargai lawan bicara

Ketika sedang berbicara dengan orang lain, mereka memberikan perhatian penuh, tidak sibuk dengan ponsel pintar yang mereka miliki.

BACA JUGA :  Bocah Ini Jadi Selebgram Karena Didandani Oleh Ibunya Menggunakan Bunga dan Sayuran
10. Tidak egois

Yang harus kita pahami adalah, dunia tidak berputar mengelilingi kita, jadi berhentilah bersikap menjadi orang yang paling penting dan paling sibuk. Seseorang dengan EQ tinggi fokus pada pekerjaannya tanpa mencari perhatian dari orang lain.

11. Tidak munafik

Semua orang tidak suka dengan orang munafik. Seseorang yang tulus selalu melakukan tindakan sesuai dengan perkataan mereka.

12. Tidak sombong

Orang yang tulus tidak menyombongkan apa yang mereka capai, karena kesombongan malah membuat mereka tampak insecure dan butuh pengakuan.

Dari 12 paparan di atas, coba kamu lihat seberapa tuluskah kamu? Satu hal, jadilah dirimu sendiri, tetap rendah hati dan berbuat baiklah. (omekide/GA)