Tahukah Kamu, 40 Persen dari Total Penduduk Dunia Adalah Pengguna Sosial Media?

Membaca berita terbaru, jual-beli produk atau jasa, berkeluh-kesah (baca: curhat), bahkan mencari jodoh dapat dilakukan melalui media sosial. Adakah dari kita yang sehari-hari menenteng ponsel pintar  tidak memiliki akun media sosial? Rasanya sulit untuk menjawab “ada”.

Tahukah kalian berapa jumlah pengguna sosial media diseluruh dunia saat ini?

Dari sebuah hasil riset yang dilakukan oleh Hootsuite dan We Are Social dan dimuat oleh The Next Web, saat ini terdapat lebih dar 3 milyar orang yang aktif menggunakan sosial media diseluruh belahan dunia, tepatnya 3,028 milyar.

Tiga milyar (lebih) adalah sebuah angka yang sangat luar bisa, mengingat total penduduk dunia saat ini adalah 7,524 milyar, yang berarti 40 persennya adalah orang-orang yang menhabiskan setidaknya sebagian waktu dari keseharian mereka untuk berinteraksi di sosial media.

Total populasi dunia yang dapat mengakses internet sampai hasil riset tersebut dirilis adalah 3,819 milyar. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa hanya sebagian kecil dari orang-orang yang mempunyai akses internet yang tidak memiliki akun media sosial media.

BACA JUGA :  Metode Tethering Mana Yang Terbaik: WiFi, Bluetooth, atau Kabel USB?

Diungkapkan juga, pengguna ponsel merupakan penyumbang terbesar populasi pengguna sosial media, yaitu sebesar  2,780 milyar pengguna aktif.

Itu berarti sekitar 40 persen populasi global menggunakan media sosial, dan hanya sebagian kecil dari perkiraan 3,819 miliar orang dengan akses internet di seluruh dunia yang tidak memiliki setidaknya satu profil sosial. Pengguna ponsel membuat sebagian besar basis, dengan 2.780 miliar pengguna aktif. Ini terpapar secara gamblang pada infografis dibawah ini:

(Credit: Simon Kemp/Hootsuite/We Are Social)

Angka-angka tersebut akan terus mengalami pertumbuh sebagaimana yang juga dilaporkan oleh masing-masing platform media sosial.  Salah satu contoh Twitter yang dalam laporannya yang ditujukan untuk para pemegang saham, mereka mengungkapkan sejak bulan April,  rata-rata mereka mengalami pertumbuhan jumlah pengguna sebesar 4 persen dari total pengguna global, ini  setara dengan 121 juta orang. Itu berarti ada sekitar satu juta pengguna baru setiap hari.

BACA JUGA :  Resmi, Android O Diberi Nama Oreo

Jumlah pengguna untuk masing-masing platform sosial media dapat dilihat pada diagram dibawah ini :

*Source: Mashable | The Next Web