Mencoba Hotel Kapsul (Galaxy Pod Hotel) di Singapura, Mengapa Tidak?

Ruangan di Galaxy Pod

Capsule Hotel atau Hotel Kapsul menurut wikipedia adalah sejenis hotel yang dikembangkan di Jepang. Hotel ini menyediakan ruang-ruang kamar yang sangat kecil dengan jumlah yang banyak dan dinamakan dengan kapsul.

Hotel kapsul berfasilitas standar dan bertarif murah, karena di hotel semacam ini tidak ada pelayanan seperti umumnya pada hotel-hotel konvensional. Awalnya hotel ini banyak digunakan oleh pekerja yang terlambat pulang karena lembur dan harus kembali bekerja di pagi hari berikutnya. Ada pula yang menyewa mingguan atau bulanan karena alasan ekonomisnya.

Hotel kapsul bisa jadi solusi bagi para traveler yang ingin menekan biaya saat berwisata tapi masih ingin memiliki privacy, khususnya mereka yang melakukan perjalanan dengan gaya backpacker.  Biasanya hotel kapsul hanya tersedia untuk satu orang per kapsul, tapi ada juga yang menyediakan kapsul yang cukup untuk dua orang.

Sekarang, hotel kapsul menjadi trend dan dapat dijumpai di mana-mana, tidak hanya di Jepang saja, di Singapura pun sudah banyak ada. Karena, walaupun hanya menyediakan tempat untuk tidur dan beristirahat saja, tapi tingkat kenyamanannya tidak kalah dengan hotel konvensional. Apalagi sekarang banyak pengusaha hotel kapsul yang membuat berbagai macam tema untuk lebih menarik konsumen. Trend hotel kapsul di Singapura mulai ada sejak tahun 2011.

Galaxy Pod Hotel yang terdapat di Chinatown, tepatnya di 27 Mosque Street merupakan hotel kapsul yang bertemakan kapal ruang angkasa, dengan desain yang futuristik. Kapsulnya berwarna putih dengan pintu yang dapat digeser dan dikunci. Pintu dapat dibuka dengan menggunakan kartu yang ditap. Di dalam ruangannya disediakan beberapa buah bantal dan selimut berwarna putih dan satu buah bantal kecil berwarna-warni. Terdapat colokan untuk charger, USB ataupun headset, terdapat pula TV dengan channel lokal. Lampu ruangan dapat diubah menjadi terang atau kebiruan agar lebih terasa seperti di ruang angkasa. Terdapat WiFi dan suhu ruangan dapat dinaik atau turunkan. Disediakan juga meja kecil yang dapat digeser untuk kita menulis atau membuka laptop.

Di setiap ruangan terdapat beberapa buah pods (ruangan), sekitar 7 – 10 pods. Terdapat locker untuk masing-masing pengguna pod yang pintunya dapat dibuka dengan kartu untuk membuka ruangan pod. Disediakan juga meja dan kursi berwarna-warni untuk berbincang-bincang di luar pod. Kamar mandi di setiap ruangan terdapat 2 sampai dengan 3 buah dan disediakan washtafel serta hairdryer. Antara laki-laki dan perempuan tidak dipisah ruangannya.

Sarapan disediakan setiap pagi, mulai dari jam 05.00 sarapan sudah tersedia. Biasanya yang disediakan untuk sarapan adalah roti dengan berbagai macam selai yang dapat kita pilih dan oles sendiri. Disediakan pula pemanggang roti (toaster) apabila ingin makan roti panggang. Ada cereal dan juga telur rebus untuk yang tidak ingin makan roti. Untuk minumnya disediakan susu dan jus di kulkas, serta disediakan pula kopi dan teh yang dapat kita buat sendiri.

Lokasi dari Galaxy Pods di Chinatown ini sangat strategis, karena dekat sekali dengan MRT Chinatown, yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki 5 sampai dengan 7 menit. Untuk beribadah terdapat pula mesjid, yaitu Masjid Jamae Chulia dan ada pula Sri Mariamman Temple di dekat situ. Untuk yang wisatawan muslim, sebaiknya mencari makan di mall saja yang terdapat di sebelah MRT Chinatown, yaitu Chinatown Point, karena restaurant di sekitar hotel tersebut umumnya tidak halal.

Staff di sini fasih berbahasa Inggris dan juga bisa berbahasa Indonesia serta ramah. Apabila ada complain staff akan segera bertindak. Biaya untuk menginap per malam adalah USD 50 – USD 100. Begitulah sekilas mengenai salah satu hotel kapsul yang ada di Singapura. Jadi adakah yang berminat mencoba pengalaman baru di ruangan yang kecil tapi menyediakan pengalaman yang unik serta mungkin dapat menambah teman atau mendapatkan pacar baru??