Makanan Dapat Digunakan Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental, Begini Caranya

Healthy food

Yang perlu sehat tidak hanya fisik kita saja, tetapi juga mental kita. Kesehatan mental sangat penting, apabila mental kita sehat maka batin kita akan terasa tentram dan tentram. Keadaan ini memungkinkan kita untuk bisa menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang-orang disekitar kita.

Makanan ternyata tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan fisik namun juga kesehatan mental kita. Oleh karena sangat penting bagi kita untuk mengetahui secara pasti makanan yang kita konsumsi.

Makanan dapat meningkatkan kesehatan mental ternyata tidak tentang makan makanan sehat  namun lebih kepada bagaimana  caranya agar makanan itu berimplikasi dengan kesehatan mental kita.

Mari kita simak caranya :

Memanggang untuk orang lain, raup keuntungan psikologis

Memanggang, terlebih jika  dilakukan untuk orang lain, ternyata bisa memiliki sejumlah manfaat psikologis. Kegiatan memanggang bisa menjadi ekspresi bahwa kita adalah seorang yang produktif dan juga bisa melatih kita untuk bisa lebih fokus.

Membawa makan yang dapat membuat anda berenergi

Beberapa jenis makanan dapat  memberi energi pada tubuh anda. Tubuh yang berenergi  akan memberi kenyamanan bagi anda. Jenis makanan seperti itu biasanya mengandung banyak zat besi, vitamin B, magnesium, potasium dan seng.

BACA JUGA :  Hello Sunday, Pilihan Yang Tepat Untuk Bersantai diakhir Minggu

Jika Anda memberi asupan makanan yang dapat memberi energi bagi tubuh anda, maka akan meningkatkan kemampuan anda untuk beraktifitas  dengan demikian mood anda akan meningkat  menjadi lebih baik.

Hindari makanan yang banyak mengandung gula

Mungkin anda tidak percaya kalau gula dapat mempengaruhi otak anda dengan buruk. Ketika anda mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula  maka otak akan merespon bahwa kita ingin makan yang manis lagi, dan lagi. Seolah-olah tidak ingin berhenti.

5 Tanda Tubuh Kita Kelebihan Asupan Gula
Manfaat Minyak Kopi dan Cara Membuatnya

Itu salah satu sebab mengapa mengkonsumsi makanan manis dapat menaikkan berat badan badan dengan cepat dan berkontribusi terhadap timbulnya rasa depresi dan kecemasan yang tinggi.

Makan makanan yang dapat membantu anda tidur nyenyak

Beberapa makanan akan mengganggu tidur Anda seperti steak atau cabai – dan yang lainnya benar-benar akan membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Efek dari tiidur malam yang nyenyak ternyata cukup mengagumkan  pada keadaan mental dan emosional kita, oleh karena itu sewajar saja jika kita perlu berusaha untuk  memperoleh tidur yang nyenyak serta berkualitas melalui makanan sehat yang kita konsumsi.

BACA JUGA :  Manfaat minyak kopi dan cara membuatnya

Untuk membantu anda memperoleh tidur yang nyenyak dimalam hari cobalah konsumsi makanan yang mengandung banyak mengandung asam amino terutama GABA (gamma-amino butyric acid)  serta makanan yang mampu melepaskan hormon melatonin.

Seni kuliner sebagai terapi mental

Kegiatan yang berhubungan dengan kuliner seperti memasak dan menikmati masakan bersama orang terdekat anda ternyata salah satu terapi mental yang cukup efektif. (ED)